Janji manis bidang pendidikan dari Jokowi

Dalam sebuah kutipan yang diambil dari redaksi Viva News, ditulis:
“Dalam debat kali ini, pasangan Jokowi-Ahok menjanjikan terobosan baru, diantaranya kartu sehat dan kartu pintar untuk kalangan tidak mampu. Menjanjikan ketersediaan pendidikan gratis dari tingkat dasar sampai tingkat menengah atas.” ( red: http://us.metro.news.viva.co.id/news/read/329033-jokowi-gagas-kartu-sehat-dan-kartu-pintar )

Bukan saya tidak percaya dengan program-program yang disebutkan oleh beliau, namun implementasi kartu gratis yang ditujukan untuk kalangan tidak mampu itu menurut pemikiran saya tidak jauh dari kartu keterangan tidak mampu yang saat ini dikeluarkan oleh kelurahan, biasanya dikeluarkan karena ketidakmampuan melakukan pembayaran SPP sekolah maupun pembiayaan dirumah sakit, perbedaan hanya pada bentuk kartu dan prosedurnya saja.

Analisa saya selanjutnya adalah, pernahkah anda berfikir bahwa manusia punya harkat dan martabat, siapapun itu, sementara tulisan tidak mampu diatas menurut saya kurang tepat karena faktanya ibu-ibu maupun bapak-bapak hanya akan mengurus surat keterangan tidak mampu jika memang kondisinya benar-benar kepepet, siapa sih orangnya yang mau dibilang miskin, saya rasa ini lebih kepada harga diri dan martabat seseorang, apakah ini efisien?

Inilah perbedaan mendasar, antara Jokowi dan Fauzi Bowo, implementasi Fauzi Bowo sudah terbukti dengan adanya Kartu Wajib Belajar 12 tahun, membuktikan bahwa pendidikan di Jakarta harus minimal sampai bangku SMK/SMA, dan kartu Wajib Belajar tidak hanya untuk kalangan tidak mampu  atau miskin saja, namun lebih kepada seluruh masyarakat di DKI Jakarta, dengan program ini maka tidak menutup kemungkinan peningkatan mutu pendidikan di DKI Jakarta harusnya lebih baik.

2 thoughts on “Janji manis bidang pendidikan dari Jokowi

  1. Jadi begitu toh …..rencana mas Jokowi, saya pikir merencanakan biaya pendidikan universal seperti bang Foke. Saya mengucapkan selamat buat bang foke yang sudah mengimplementasikan program wajar 12 tahun dan juga buat para orang tua murid atau walinya selamat karena bisa berhemat tidak perlu pusing-pusing mikirin biaya sekolah anaknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s